CeRiTaKu

Suasana Dalam Ruang Ujian

Terlihat dengan wajah serius, menampakkan bahwa mereka sedang berfikir keras, tak sedikit yang menatap kertas itu dengan tangan menyangga kepala, kulihat sesekali yang menengok samping kanan atau kirinya. mungkin berharap disampingnya itu ada sesuatu yang dia cari.

Keceriaan yang biasanya menghiasi wajah mereka tak ku lihat di hari ini, semua terlihat tegang. yaaaaaaaaaaah….mereka sedang mengutak atik angka – angka di kertas itu, berharap menghasilkan salah satu angka yang ada di pilihan di kertas itu.

aku bisa merasakan apa yang mereka fikirkan saat ini, aku pernah mengalaminya 6 tahun silam. di sekolah ini juga….hati deg – deg’an, otak berputar dengan keras, mengingat – ingat rumus yang sangat sering di terangkan oleh pak guru di depan kelas, sekilas banyak sekali rumus – rumus yang bermunculan. tapi … ach, aku tidak ingat rumus yang satu ini, aku tinggalkan saja soal itu terlewati tanpa ku hiraukan. selanjutnya disoal berikutnya aku ingat saat pak guru matematikaku menerangkan rumus ini dan aku masih hafal betul rumus yang satu ini, tapi…. ach, lagi – lagi aku gagal. aku tidak bisa menerapkan rumusnya. sehingga tidak adajawabanku di dalam pilihan itu. terus dan terus berlanjut otakku ku peras untuk memecahkan soal – soal berikutnya.

yaaaaaah….seperti itulah kira – kira yang saat ini dialami oleh mereka. 20 orang di depanku tidak satupun yang kulihat menarik bibirnya untuk tersenyum, semua terlihat amat sangat serius, seorang laki – laki tepat di depanku terlihat serius menghitung angka dengan “gunggung susun”  dan kulihat keberhasilan di wajahnya. hmmmmmm….dia berhasil memecahkan salah satu soal dari 40 soal yang ada. ikut senang aku melihatnya, karena satu nomer itu akan sangat mempengaruhi di dalam kelulusannya.

Semangatnya untuk memperjuangkan masa depannya , yaaaaaaaa….mereka harus mampu  mendapatkan nilai minimal 4.00 untuk matematika yang mereka kerjakan hari ini, tapi…..mereka harus mendapatkan nilai minimal 6.00 di 3  mapel lainnya, agar bisa keluar membawa ijazah .

hmmmm….ku angkat kepalaku sebentar, sekejap meninggalkan catatanku untuk melihat 20 orang di depanku. yeaaaah….ternyata mereka sudah mulai beraksi, bisik – bisik tetangga sudah dimulai…kulihat salah satu siswa yang sedang memberikan kode kepada temannya .

hihihi…taktik lama, seperti yang pernah ku lakukan juga di 6 tahun yang lalu, kode dengan jari tangan, jika jari 1 berati pilihan A jawabannya, jari 2 : B, dst…

sengaja ku diamkan saja mereka.

” yang penting tidak rame” kataku dalam hati.

aku kembali dengan catatan di atas mejaku sambil tersenyum2 melihat polah ke 20 orang di depanku.

dan kulihat siswa yang duduk tepat di depan mejaku ku lihat sudah mulai santai, kulirik lembar LJK disampingnya juga sudah terlihat penuh. dengan suara lirih ku tanya “sudah selesai?”, ” kurang dua” jawabnya dengan suara tak kalah lirih dari aku. dan kulihat dia mulai menghitung2 lagi…hmmm…” kayaknyalumayan jernih juga otak anak yang satu ini” pujiku dalam hati.

ini bukan kali pertama aku menghadapi suasana seperti ini, tapi biasanya aku juga tidak sebaik ini,,,hehehe…aku melakukan ini  karena mereka sudah seperti adik – adik ku sendiri… aku berharap mereka mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan soal – soal itu, dan mereka semua bisa lulus dengan hasil yang memuaskan, sehingga bisa melanjutkan perjuangannya untuk menggapai apa yang di cita – cita kan.

yeaaaaaaaaach….”Ujian Nasional” inilah yang menjadi momok bagi para siswa terutama kelas 3 baik SMP maupun SMA dan hari ini hari ke tiga mereka melakasanakan UN…besok hari terakhir, selamat berjuang adik – adik ku. doaku selalu menyertaimu… semoga kalian semua sukses UN dengan hasil yang memuaskan…amin….

~memo on Ujian Nasional 2010 — @MTsN Semanu~

———————————————————————————————————————————————————–

BEFORE CAMPING

“huuuuuuuh… capek bgt, habis kemping langsung kerja…” keluhku seakan aku lah orang yg paling capek, sabtu kemarin aku kerja sampe jam 11 mlm,pagi’N aq harus bangun pagi2. karena aku akan mulai mengikuti acara perkemahan, trus sebelum itu aku juga harus nyuci baju dulu karena cucian ku dah numpuk dan akan aku tinggal untuk berkemah.

dreeeeeeeeet.dreeeeeeeeeeeet.dreeeeeeeeeeet… dengan malas aku mengambil ponsel yang tegeletak di deket bantal ku… “huh cuma mised call, ganggu aza..” gerutu ku sendirian. kutarik lagi selimut yang cukup untuk melindungiku dari dingin’N udara pagi itu. penasaran kulihat jam dr ponselku, ” hah…jam setengah 6…” seperti ada kebakaran aq langsung loncat dr atas ranjang. kubiarkan saja slimut yg terjatuh dan tempat tidur yang makin ancur. langsung terlintas seabrek agenda ku di pagi itu. dan aq cuma punya waktu setengah jam. “aq blm shalat subuh, aq msh harus nyuci, beli sarapan, mandi, dan harus segera meluncur ke perkemahan jam enam pagi” sambil berwudhu pikiran ku terganggu dengan semua itu. seusai shalat aq langsung mengambil baju2 kumal yang ada di kardus di sudut kamarku, yang telah lama menunggu uluran tanganku, untuk dibersihkan..

“huuuuh… segar’N lw abiz mandi…” ucapku pada diri sendiri. aq sudah mulai bersiap2 dengan seragam pandu ku. “tinggal beli sarapan, langsung bisa berangkat, meskipun telat paling cm beberapa menit aza..” ucapku sedikit lega. baru saja aq akan memasang kerudung, terdengar ada orang yang memanggilku dari luar kamar. “kiezme…!” dengan tergesa aku membuka pintu. kulihat seorang ibu2 muda sudah di depan pintu kamar ku dengan membawa sepiring nasi lengkap dengan lauk dan kerupuk. “ini ada nasi bisa kamu pake sarapan” ucapnya sambil menyodorkan sepiring nasi kearahku. “wah makasih banyak ya bu, ini aku baru mau berangkat beli sarapan…” kata ku sambil menerima sepiring nasi yang dibawa ibu kost ku. “yaw belinya nanti siang aja, sekarang kan bisa sarapan nasi itu, meski lauknya cm seadanya” katanya dengan bijak. “sekali lagi makasih ya bu…”kata ku lagi dengan sangat senang maklumlah namanya juga anak kost dpt mkn gratiz kan udah anugrah terindah…hehe… “iya sama-sama” jwb ibu kost ku sambil berlalu.setelah menutup pintu, aku segera melahap sepiring nasi yang ada ditanganku. sambil makan aku menulis sms ke temen ku untuk mengecek keberadaan dia skrng dmn dan sudah dimulai apa blm acarany.tp lm aku tunggu tidak ada balasan. setelah habis nasi ku, langsung kusambar tas dan helm yang ada disampingku.mengunci pintu kamar dan mengeluarkan sepeda motor. baru saja aku men_starter motor, terasa ada getaran dr dlm tas ku. dengan tergesa kuambil ponsel yang ada di tasku. “Assalamu’alaikm…” sapa ku setelah melihat siapa yang menelepon ku. “wa’alaikmslm…” jwbnya dari seberang sana”.

“dek kamu langsung ke lokasi perkemahan sendiri aja, aku sudah bareng mas ahmad sXan ma anak2”. kata tmn yang juga seniorku ku lwt telfon, “oh ya mbak, brarti aku gak jd jmput…?” tanyaku.

“gak usah dek, aku bareng mobil aja, ya sudah kita ketemu dilokasi ya, assalamu’alaikm…” kata mbak ina mengakhiri telfonnnya. “ya, wa’alaikumsalm…” jawabku sambil menutup telfon. dan aku pun langsung berangkat menuju lokasi perkemahan. sampai sana baru terlihat beberapa orang yang sibuk dengan pekerjaannya masing2. aku segera mendekati beberapa orang cewek dan seorang bpk2, “

~memo on Jamda Gk @ tleseh~

3 Komentar

  1. abdullah Bireuen said,

    Juni 29, 2008 pada 4:02 pm

    saya kagum ko melihat membaca smua tulisan km. bararti penasaran saya saat knln dngn km mlalui email terjawab sudah. Saya mendapat knln orang hebat. Saya berharap kita bisa jd teman. Thanks

  2. kiezme said,

    Juni 30, 2008 pada 2:03 am

    apa yang bisa di kagumi dr aq…??biasa aza lagi…tulisan ini jg gak sepenuhnya karyaku…aq bs buat blog ini jg krn diajari kok…so,jgn berlebhan dunk muji’N…senang bs knl n bs bertman ma maz abdul…

  3. agung saputra said,

    November 4, 2012 pada 10:50 am

    ngehh bu guru :p


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: