Melakukan perhitungan dalam tabel di Ms. Word

Selama ini setau saya, tidak bisa melakukan perhitungan dengan rumus di dalam Ms. Word jika mau melakukan perhitungan ya menggunakan Ms.Excel

atau menyisipkan Excel ke dalam Word, kalau terpaksa malah menggunakan kalkulator, jadi seperti berkerja dua kali, lama, dan kurang efektif.

belum lama saya baru tau ternyata ketika menggunakan tabel di Ms.Word kita bisa menyisipkan Formula (Rumus) ckckckckck… LOLA, KATROK, bin GAPTEK neh… 😦

parahnya lagi saya tau hal ini dari LKS. di situ tertulis “melakukan perhitungan dalam tabel”. saya cermati ternyata bisa memasukan formula (rumus). haduuuh… *bener2 ne aq…… 😥

belum sampai disitu penderitaan ku, di buku cuma tertulis langkah – langkah di Office 2003, padahal kompi ku terpampang 2007, saking parahnya aq juga masih bingung mencari lokasi formula. akhirnya mbah google lah andalanku,,, 😀

wel, buat tmn2 yang mungkin bernasib sama sepertiku, ini aq share hasil googling ku…

Penjelasan Dasar

Rumus yang digunakan pada tabel dalam aplikasi Word pada dasarnya sama dengan rumus yang digunakan pada Excel, beberapa yang umum digunakan diantaranya adalah:

  • SUM: Untuk menjumlahkan data.
  • AVERAGE: Untuk menghitung nilai rata-rata.
  • COUNT: Menghitung jumlah data.
  • MIN: Untuk mencari nilai terkecil.
  • MAX: Untuk mencari nilai terbesar.

Dan sebagai bantuan lainnya kita juga dapat menggunakan operator matematis standar seperti berikut ini (tanpa quote):

  • “+” penjumlahan.
  • “-“ pengurangan.
  • “*” perkalian.
  • “/” pembagian.
  • “A” eksponensial.

Aturan Penulisan

Aturan penulisan rumus pada Word juga sama dengan aturan penulisan rumus pada Excel, yaitu selalu diawali tanda samadengan “=” dan variabel rumus diapit oleh tanda kurung “()”. Contoh struktur penulisan rumus pada Word dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Drawing1

Alamat Sel

Untuk mempermudah penulisan rumus maka Word menggunakan 4 istilah untuk alamat sel, yaitu:

  • LEFT: Merujuk pada sel di sebelah kiri sel aktif.
  • RIGHT: Merujuk pada sel di sebelah kanan sel aktif.
  • ABOVE: Merujuk pada sel di sebelah atas sel aktif.
  • BELOW: Merujuk pada sel di sebelah bawah sel aktif.

Untuk penggunaan rumus tingkat lanjut kita juga dapat menggunakan alamat sel seutuhnya seperti pada Excel, yaitu menggunakan nomor baris dan nama kolomnya. Hanya saja karena pada Word tidak ada informasi yang menunjukan nomor baris dan nama kolom tersebut maka asumsikan saja bahwa tabel yang kita buat pada Word tersebut memiliki alamat seperti tabel berikut ini.

image

Sebagai contoh, misalkan pada Word kita memiliki tabel seperti berikut ini.

image

Maka alamat sel yang sesuai untuk tabel tersebut dapat dilihat pada skema berikut ini.

image

Berikut ini cara menggunakan formula pada tabel di Word 2003 dan 2007.

I. Cara Membaca Baris dan Kolom pada Tabel

Data pada tabel bisa terdiri dari angka dan teks, untuk itu kita perlu memahami cara membaca kolom dan baris pada tabel untuk mempermudah menggunakan formula.Baris Kolom Tabel

  • Setiap kotak pada tabel akan menjadi sel seperti pada lembar kerja Excel, yang merupakan gabungan dari baris (1,2, 3, dst) dan kolom (A, B, C, dst).
  • Untuk kolom pertama (A) dan baris 1 disebut sel A1, kolom kedua (B) dan baris 2 disebut sel B2, dan seterusnya (lihat gambar).

II. Cara Menggunakan Formula pada Tabel

Penjumlahan pada Tabel

  1. Misalnya kita akan melakukan penjumlahan.
  2. Klik sel pada tabel yang ingin ditempatkan hasil penjumlahan. Contoh di sini pada sel C2 atau di A4 (lihat gambar).
  3. Bila menggunakan:
    • Word 2003, pada menu Table, klik Formula.
    • Word 2007, pada Table Tools, Layout tab, Data group, klik Formula.
  4. Microsoft Word akan memberikan formula:
      • =SUM(ABOVE) bila sel yang dipilih berada di bawah kolom angka.
      • =SUM(LEFT) bila sel yang dipilih berada di sebelah kanan baris angka.

    Formula Dialog Box

  5. Untuk mengatur format angka, pada Number Format, bila bentuk format yang diinginkan.
  6. Tekan OK, bila sudah selesai.

III. Cara Melihat Tampilan Formula

    1. Klik pada sel yang berisi formula sehingga berwarna abu-abu (lihat gambar) dan tekan SHIFT+F9.
    2. Tekan kembali SHIFT+F9 untuk berpindah ke tampilan angka.
      Show Formula

Tip

      : Kita juga bisa menggunakan cara klik kanan pada sel dan pilih

Toggle Field Codes

    .

IV. Cara Menggunakan Cell Reference

  1. Tulisan LEFT atau ABOVE pada formula dapat diganti dengan cell reference (contoh: A1, A2, B1, dsb).
  2. Misalnya kita ingin menjumlahkan sel A2 dengan sel B2. Formulanya adalah seperti berikut: =SUM(a2,b2).
  3. Cara ini sangat bermanfaat untuk penjumlahan pada sel yang tidak berurutan ataupun terdapat teks di dekat sel sehingga dapat mengacaukan hasil formula apabila menggunakan LEFT atau ABOVE.

V. Cara Update Formula

  1. Bila ada perubahan nilai pada tabel, klik kanan pada sel yang berisi formula yang akan di-update dan pilih Update Field.

VI. Cara Mengganti Function pada Formula

  1. Untuk mengganti function, misalnya dari SUM menjadi MAX, klik kanan pada sel yang akan diganti function-nya.
  2. Pilih Edit Field.
  3. Pada kotak dialog Field, klik Formula.
  4. Pada kotak Formula, hapus function tersebut (tanda sama dengan (=) jangan dihapus).
  5. Kemudian pada kotak Paste function pilih function yang diinginkan.
    Fomula Dialog Box - Paste Function
  6. Klik OK, bila sudah selesai.

merujuk dari :

http://computer1001.blogspot.com dan http://mugi.or.id

28 Komentar

  1. Daiwan said,

    November 17, 2011 pada 1:21 pm

    OK

  2. Fajri said,

    Januari 3, 2012 pada 12:52 pm

    Thanks Gan bermanfaat, ,, Ijin Copy ya. ..

  3. bukan gau us said,

    Februari 11, 2012 pada 2:53 am

    oke….ane mo copy g peke gula boleh kan……

  4. fahri said,

    Februari 12, 2012 pada 5:12 am

    ok, thank’s ya…

  5. zakaria said,

    Februari 19, 2012 pada 7:31 am

    Aslkm Ukhti. Minta izin nyalin artikelnya. Jazakumullah

  6. riska said,

    Februari 24, 2012 pada 4:12 am

    menggunakan cell reference itu klo hsil nya error jdi gmna yah??

  7. Muarif said,

    Februari 28, 2012 pada 11:57 pm

    saya mencoba diMicrosoft Word 2007 ko ga bisa ya? gmn caranya?

  8. Maret 3, 2012 pada 11:50 am

    thenks ya infonya…..lam kenal….

  9. klik info said,

    Maret 3, 2012 pada 11:53 am

    oke makasih ya atas infonya artikelnya bagus….lam kenal

  10. ferdy said,

    Maret 10, 2012 pada 4:14 am

    aku tidak bisa menghitung kalau kolom 3 keatas
    contoh :
    =AVERAGE(A2:B2:C2)
    HASILNYA EROR

  11. ochiet1 said,

    Maret 23, 2012 pada 11:23 pm

    Kalau untuk perkalian (*)
    =(A2*B2)

    hasilnya “0” (Nol)

    bisa tolong jelaskan?! TKS

  12. firman tel nasutio said,

    Maret 27, 2012 pada 12:49 am

    good

  13. Ipah Jie said,

    April 26, 2012 pada 9:13 am

    klo buat perkalian bisa g..??soalnya udah kucoba tp ttp erorr..tq

    • ochiet1 said,

      Mei 1, 2012 pada 1:11 am

      Sama hehe… error…+ bingung….

  14. narsih said,

    April 29, 2012 pada 1:17 pm

    masih bingung + hasil.a eror :/

  15. widya said,

    Juni 3, 2012 pada 6:01 am

    lw mencari rata2 gmna? dah nyoba2 eror trus

  16. mustakim said,

    Juli 10, 2012 pada 2:10 am

    bagus mbak….
    tolong mampir ea ke blog ku
    blogscilik.tk

  17. agung said,

    Juli 10, 2012 pada 2:12 am

    mampir mbak

  18. risma said,

    Juli 14, 2012 pada 6:30 am

    kalau rumusnaya kayak gmna rumus mencari rata2 max dan min…..

  19. Lito said,

    Agustus 27, 2012 pada 7:56 am

    saya udah baca semua,,.,cara menghitung dgn ms.word..bagus skli dan mudah dimegerti. belajar lebih banyak lagi

  20. Rozaq said,

    September 23, 2012 pada 1:47 pm

    Hanya menambahkan aja klo perkalian ternyata cuma di tulisan SUM=(ABOVE) diganti =A1*A2. semoga manfaat ..

  21. Fanny said,

    Oktober 7, 2012 pada 3:44 am

    kak, izin copy boleh langkah”nya ?

  22. Rahman said,

    November 3, 2012 pada 7:36 am

    mba klo Fungsi IF PADA WORD BISA GK mba
    makasihh di tunggu jawaban nya

  23. imam said,

    Maret 20, 2013 pada 6:58 am

    misal
    1.000.000 +
    500.000 +
    10.000
    itu penulisan number formatnya bagaimana?

  24. Winarto said,

    Juli 23, 2013 pada 9:41 am

    Trima kasih.banyak

  25. mariana said,

    November 17, 2013 pada 1:03 pm

    kok aku gak bisa yah mba jumlahin tabel mc word hasilnya gak akurat malah, salah dimananya ya??? bingung

  26. Ihsan said,

    Februari 10, 2014 pada 10:31 pm

    Thank’s ya gan, izin mau copas…

  27. Maxgrosir said,

    April 25, 2014 pada 4:20 am

    dari dulu sampe sekarang paling bingung kalo masalah hitungan karena inget dulu aku bodoh sekali di kelas. 😛


Tinggalkan Balasan ke riska Batalkan balasan