Manajemen Dompet Pribadi

sore ini aq dapat pelajaran sekaligus semangat yang luar biasa mengenai manajemen ekonomi pribadi… membuatku berfikir panjang mengenang manajemen dompetku yang selama ini tak pernah aq perhatikan alias amburadul, hingga kadang terjadi minus yang berkepanjangan…hikz…

segala sesuatu ternyata memang sangat membutuhkan perhitungan wabil khusus masalah dompet, tak bisa begitu saja mengeluar masukan dompet dari saku. semua harus dipertimbangkan untuk jangka panjang, dan berjaga2 untuk kemungkinan terburuk yang mungkin saja kita jumpai (semoga kita senantiasa dalam lindunganNya) amin..

kita harus bisa memperitungkan besar kecilnya pendapatan dan mampu untuk menyesuaikan besarnya pengeluaran kita.

pertama2 kita akumulasikan dulu seberapa besar pendapatan kita tiap bulannya, setalah itu kita coba buat plaining pengeluaran pokok kita tiap bulannya… *semoga aja gak ada minus* ^_^

kemudian kita coba memaksakan diri untuk menyisihkan penghasilan kita untuk di tabung, sekalipun penghasilan kita pas2 an tetep kita coba usahakan untuk menyisihkan sekecil apapun, yang penting rutin kita jadwalkan sebagai pengeluaran wajib.

ukur seberapa besar pengeluaran kita perharinya, sisihkan uang bulanan, dan isikan di dompet kita hanya untuk pengeluaran dalam sehari..

catat pengeluaran tak terduga tiap bulannya untuk bahan evaluasi..

ribet yaw?? emang ribet bgt…dan melakukan hal itu tidak lah mudah… mungkin sebagian orang akan bilang “irit apa pelit sie ne orang”. sama sekali bukan karena irit ataupun pelit, tp ini semua demi kelangsungan hidup kita, agar kita mampu terus bertahan sekalipun dalam kondisi yang terjepit.

ini terutama buat perempuan, harus pinter2 untuk memanajemen dompet, dan harus bisa lebih jeli dan teliti dalam perhitungan,,, ayooo jangan males menghitung…!! semangat buat kita semua…!!!

pelajaran berharga dari mbak nurul rela palupi…

1 Komentar

  1. amalia said,

    Januari 4, 2012 pada 5:03 am

    Manajemen dompet emang perlu ya mbak… saya aja, dompet masih penuh dengan kertas2 yang tak ada manfaatnya, hehe.. sebenarnya kita perlu ubah mindset kita lho, nabung dulu, baru manage operasionalnya.. tapi kita kadang kebalik, operasional dulu baru nabung. Btw hidup emang perlu manajemen… berawal dari dompet. Makasih ya mbak….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: